Minggu, 30 Maret 2008

selat sunda

Minggu lalu di Dermaga Pelabuhan Indah Kiat, Merak, dilakukan upacara pemberian brevet kehormatan Hiu Kencana bagi Kepala Staf Angkatan Udara, Kepala Staf Angkatan Darat dan Sekjen Dephan. Penyematan brevet hiu kencana yang biasa dipakai para awak kapal selam disematkan oleh kepala Staf Angkatan Laut.
Pemberian brevet kepada tiga perwira tinggi tersebut didasarkan ketiganya telah memebrikan perhatian dan dedikasi yang tinggi terhadap Angkatan Laut terutama kepada satuan selam. Untuk mendapatkan brevet tersebut ketiga Jendral itu harus merasakan sempitnya ruang kapal selam KRI Cakra 401, kemudian ikut berlayar dan menyelam di perairan Selat Sunda. Penyematan brevet dilakukan di dalam KRI Cakra.
Selat Sunda merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia I, di jalur tersebut banyak kapal laut baik kapal niaga maupun kapal perang dari luar yang melintas.Persoalan untuk mengawasi jalur sibuk itu, hanya ada pos pantau dengan fasilitas yang dibilang minim.
Kita berharap agar pengamanan di selat sunda ditingkatkan, banten mempunyai dua pulau terdepan yaitu pulau Tinjil dan Pulau Deli yang langsung berhadapan dengan cristmas island......

Tidak ada komentar: